Mading-Mading Cantik ala Tim Jurnalis MTsN 2 Sidoarjo

Click to share!

Kab. Sidoarjo (MTsN 2) РSalah satu usaha memajukan Program Literasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sidoarjo adalah dengan adanya majalah Dinding (Mading). Mading adalah majalah dinding yang berisikan banyak informasi. Selain adanya Pojok Literasi yang ada di setiap kelas di madrasah ini, ada pula papan madding di luar kelas. MTsN 2 Sidoarjo memiliki papan-papan madding sesuai fungsinya, yaitu mading informasi, mading BK, mading pengetahuan umum. Madding-mading ini berada si teras-teras ruang, 2 papan di depan ruang tata usaha, dua papan di depan kelas, satu papan di depan ruang  BK dan satu papan di gerbang masuk madrasah.

Dalam kegiatan ini, tim Jurnalis mendapat kesempatan untuk mengisi mading pengetahuan umum. Mading pertama yang di buat oleh tim Jurnalis memuat tema Literasi dan Numerasi Dunia Digital.  Di dalam topik literasi digital tersebut, tim jurnalis membuat display replika pendorong literasi, seperti ikon aplikasi social media seperti Whatsapp, Youtube, Instagram, Facebook, Twiter, Tiktok, Spotify. Selain itu juga dituliskan artikel-artikel tips hidup berdampingan dengan gadget.

Di sampingnya terdapat ulasan seputar Literasi Sosial dan Literasi Finansial. Didalam topik literasi sosial dan finansial, tim jurnalis membuat display artikel tentang hasil penelitian tentang SASH di warung kopi. Di situ terdapat juga tips untuk mengelola uang secara efektif di masa remaja.

Mading kedua bertemakan Mental Healthy. Didalam topik ini tim jurnalis menulis tentang pengertian mental health, contoh dan faktor gangguan mental, dan disebelahnya terdapat jam rumah berisikan Daily Health Activities. Hal yang cukup menarik, disini ada beberapa komik tentang  cerita remaja yang dibuat oleh dua siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler jurnalistik. Mading-mading ini mempunyai desain dengan paduan gradasi warna yang bagus sehingga banyak dibaca oleh banyak siswa. Madingmading yang diusung oleh jurnalis ini diharapkan memberikan masukan kepada kepada siswa MTsN 2 Sidoarjo untuk lebih kreatif dan berani lagi mengungkapkan pengetahuan dan isu-isu terkini dengan kreativitas masing- masing.MN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *