Meriahkan Gebyar Milad Ke-46, MTsN 1 Sidoarjo Gelar Santunan Anak Yatim

Click to share!

MTsN 1 Sidoarjo Hadir Sebagai Inspirasi – Peringatan Gebyar Milad tahun ini (26/3/24) dikemas menjadi satu dengan Pelaksanaan Kegiatan Pondok Ramadan 1445 H.  Acara Milad berlangsung di halaman utama madrasah. Berkenan hadir pada kesempatan ini, Bapak  Kepala Madrasah Achmad Saifullah beserta Ibu Nurlaili Saifullah, Bapak/Ibu Waka, Ibu KTU beserta Staf, Bapak/Ibu Guru, Mahasiswa PLP UINSA,  dan peserta pondok ramadan  mulai dari kelas 7, 8 dan 9. Momen penting dalam Gebyar Milad MTsN 1 Sidoarjo ke-46 ini adalah berbagi kebahagiaan bersama anak yatim.

Bentuk kebahagiaan  tersebut  berupa Kegiatan Sosial dengan menyantuni anak yatim. Mereka adalah anak-anak dari Panti Asuhan Al-Kahfi dan Panti Asuhan Darussalam beserta Siswa-Siswi madrasah sendiri. Kegiatan Sosial ini melibatkan  anggota Dharma Wanita Persatuan MTsN 1 Sidoarjo,  yang mana konsep tersebut diinisiasi oleh Ibu Ketua Dharma Wanita Nurlaili Saifullah. Pemberian santunan kepada anak yatim bertujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai sosial kepada siswa dan masyarakat agar ada rasa kepedulian terhadap anak yatim.

Rangkaian acara berlangsung mulai dari pagi hari hingga malam hari.  Acara  diawali dengan salat duha, mengaji/tadarus  di ruang kelas masing-masing dengan pendampingan Wali Kelas, kemudian dilanjutkan pemberian materi oleh petugas. Sementara itu materi yang akan disampaikan meliputi, moderasi beragama, thaharah, adab anak kepada orang tua (birrul walidain). Kegiatan pondok ramadan dilaksanakan dengan tujuan, melatih dan membimbing siswa khususnya dalam kegiatan keagamaan yang diisi dengan tadarus Al-qur’an, dan permainan quiz seputar keagamaan. Peserta begitu antusias mengikuti kegiatan pondok ramadan, nampak dari kegigihan mereka dalam mengikuti pergantiann setiap sesi dan pengerjaan tugas, meskipun saat itu harus menahan lapar dan haus.

Suasana menjadi semakin semarak ketika tamu undangan Habib Hadi Assegaf bersama tim hadir pada pertengahan acara. Dilanjutkan dengan lantunan shalawat yang merdu dengan iringan musik dari tim, hingga panasnya terik matahari sore itu tak terasakan.

Ketika mendengar gema adzan maghrib berkumandang untuk sementara waktu semua aktivitas diberhentikan, dan  dilanjutkan dengan pembacaan doa berbuka puasa yang dipimpin oleh panitia pondok ramadan Nur Rohman. Wajah mereka nampak berseri, dan segera bergegas untuk menyegerakan berbuka puasa dengan menu yang sudah dipersiapkan.

Suasana menjadi semakin khidmat dan tetiba hening ketika pelaksanaan salat tarawih berlangsung. Acara salat tarawih digelar di halaman utama madrasah, dan diikuti oleh seluruh warga madrasah yang hadir. Pada acara terakhir ditutup dengan doa, dan sekaligus dilakukan penutupan kegiatan Pondok Ramadan oleh Kepala Madrasah Achmad Saifullah. (vie’)

#KementerianSemuaAgama

One thought on “Meriahkan Gebyar Milad Ke-46, MTsN 1 Sidoarjo Gelar Santunan Anak Yatim

  1. Alhamdulillah, diusia yang ke-46 ,MTsN 1 Sidoarjo semoga semakin jaya dan siswa-siswinya semakin santun berakhlak mulia. Aamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *