MTsN 1 Sidoarjo Menerima Kunjungan Persahabatan Keiko Iwata’s Tim Jepang

Click to share!

Kab. Sidoarjo (MTsN 1) – Pada hari Selasa (2/1/24) MTsN 1 Sidoarjo kedatangan tamu dari Tim Keiko Jepang. Mereka adalah Kuniko Yamamoto, Ayako Kozai, Mayu Tai, dan Keiko Iwata, status mereka sebagai guru dan dosen tamu UNIBRAW Malang. Kedatangan Tim Keiko disambut dengan penuh persahabatan oleh warga madrasah, baik oleh  bapak/ibu guru maupun siswa-siswi madrasah.

Dalam kunjungannya Keiko Iwaka’s  tim bermaksud ingin mengenal lebih dekat dengan peserta didik di MTsN 1 Sidoarjo, di sisi lain  mereka juga ingin berbagi pengalaman mengajar.

Keiko Iwata sangat tersanjung ketika dia menyaksikan papan sambutan (banner) yang bertuliskan, Welcome Keiko Iwata’s Team From Japan “We’ll Exchange our Cross Cultural Understanding and Go To Sakura.”  Sambutan penuh persahabatan dari warga madrasah dengan harapan kami dapat sharing mengenai pertukaran budaya.

 Acara pagi ini digelar secara outdoor dan indoor. Sebagai perwakilan dari mereka adalah Mrs. Keiko Iwata, memberikan sedikit sambutan di depan para peserta didik. Ia merasa senang bisa berkunjung di madrasah, dan tidak menyangka bisa hadir di MTsN 1 Sidoarjo.

Rupanya suasana di luar sudah mulai tidak bersahabat, sehingga kami harus melanjutkan acara di dalam ruangan dan berpindah ke Auditorium Hasan Al-Bashri. Keiko’s tim berbagi pengalaman mengajar, dengan menunjukkan  video pembelajaran dari siswanya yang sedang mempresentasikan di kelas.  

Pada kenyataannya budaya mengajar di Jepang tidak begitu detail administrasnya jika dibanding dengan pembelajaran di madrasah tempat  kami mengajar. Di tempat Keiko hanya mempersiapkan materi yang akan mereka pelajari, kemudian peserta didik diajak untuk mempraktikkan materi tersebut.

Secara bergantian salah satu dari mereka  mengajarkan origami (Pikachu). Kegiatan ini mendapatkan respon yang luar biasa dari siswa-siswi  madrasah. Satu-persatu diajari untuk membuat proses bagaimana membuat pikachu.

Sesi terakhir diisi  dengan acara tanya jawab. Anak-anak begitu antusias pada sesi tersebut. Diluar ekspektasi kami, ternyata ada diantara siswa-siswi madrasah yang secara langsung menggunakan bahasa Jepang, tentu saja tim’s Keiko sangat mengapresiasi. Tim Keiko bangga dengan siswa-siswi madrasah, “Dialog seperti ini sangat bermanfaat bagi anak-anak.”

Sebagai acara penutup disampaikan cinderamata oleh Bapak Kepala Madrasah Achmad Saifullah kepada perwakilan dari Keiko Iwaka Tim. Demikian sebaliknya, madrasah menerima tali asih berupa sepasang baju tradisional Jepang (Japanese summer kimono) dan buku peta Jepang yang disumbangkan untuk Perpustakaan madrasah.  

Kami berharap semoga dengan adanya kunjungan tersebut, dapat memberikan suntikan motivasi dan menjadikan sebagai jembatan penghubung kepada siswa madrasah dalam program pertukaran pelajar (Student Exchange Program). (vie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *