Tim Jurnalis MTsN 2 Sidoarjo Launching Mading Sudut Sekolah Bertemakan “Tokoh Sentral Mahabarata”

Click to share!

Kab. Sidoarjo (MTsN 2) – Awal Maret 2023 menjadi momentum terjadwal bagi Ekskul Jurnalistik MTsNegeri 2 Sidoarjo untuk merombak Mading Madasah. Kali ini perombakan dilakukan pada mading yang berada di depan kantor tata usaha. Menurut Aisyah dari 7A sebagai salah satu pembuat mading tersebut, kali ini tema mengangkat ┬átentang tokoh sentral wayang yaitu Werkudara. Latar belakang dari tema ini dikarenakan kelas 7 mata pelajaran Bahasa Jawa tengah mendapatkan materi tokoh-tokoh wayang dan juga tokoh Mahabarata.

Tampak anggota jurnalis kelas tujuh yang dibantu oleh kelas delapan mencoba mengkreasikan ide-ide mereka dengan pada majalah dinding tersebut. Dibawah bimbingan guru basa Jawa, mereka menyusun content dan lay out yang tepat untuk latar majalah dinding agar menarik.

“Kami memilih tema warna hitam dan kuning, hitam melambangkan mistisme dan kuning berarti suci, keceriaan dan religiusitas”, sambung Wilda Sebagai pendamping dan pengarah pembuatan mading. Mading yang telah dipersiapkan sejak pertengahan Januari tersebut berhasil memberikan beberapa penggalan informasi penting terkait siapa itu Werkudara, siapa Bima, apa latar belakangnya dan lakon Dewa Rucinya yang terkenal.

Selain itu terdapat juga berbagai informasi penting terkait rincian yang terdapat di tubuh wayang, dan peralatan apa saja yang dibutuhkan jika kita hendak menyajikan pertunjukan wayang. Dengan diangkatnya wayang sebagai mading yang tersechedule pada bulan ini diharapkan mampu memberikan wacana budaya yang lebih luas mengenai wayang dan diharapkan menumbuhkan rasa cinta budaya bangsa lebih mendalam.

Selain mengangkat tokoh Werkudara, terdapat beberapa sudut lain mading di madrasah  ini yang menceritakan tentang kisah Arjuna ataupun Permadi di masa mudanya. Mading tersebut merupakan tugas basa Jawa yang mendapat apresiasi dari best visual dan content. Pada edisi kali ini pemenangnya adalah kelas 7E yang dipelopori oleh Elmira. MN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *