Apel Senin Pagi Pembina Apel Sampaikan Tugas Fungsi Pengawas Madrasah

Click to share!

Kemenag Sidoarjo Hadir Sebagai Inspirasi РHari ini Senin tanggal 12/2/2024 seluruh ASN Kemenag Kabupaten Sidoarjo lakukan giat apel pagi di Halaman Kemenag Sidoarjo. Pengawas madrasah Ibu Endang Mujiati selaku pembina apel menyampaikan peran pengawas madrasah  sebagaimana diatur dalam Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4831/B/Hk.03.01/2023 tentang Peran Pengawas Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan.

“Perubahan tugas dan fungsi dalam aturan baru ini  mencakup peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada peserta didik di Satuan Pendidikan, dengan melakukan kegiatan pendampingan dalam rangka mendukung implementasi kebijakan merdeka belajar.” ujar Endang. Menurutnya, Pendampingan adalah kegiatan Pengawas Sekolah membersamai Kepala Sekolah dalam peningkatan kapasitas dan mutu layanan Satuan Pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan strategi serta metode yang relevan.

Pendampingan pengawas mengikuti siklus sebagai berikut: a. Perencanaan Pendampingan Satuan Pendidikan; b. Pendampingan terhadap perencanaan program Satuan Pendidikan; c. Pendampingan terhadap pelaksanaan program Satuan Pendidikan; d. Pelaporan Pendampingan.  Awal tahun pendampingan penyusunan program, selanjutnya pelaksanaan dan ada pelaporan di akhir tahun, merupakan kegiatan yang harus dilakukan pengawas. Hasil pendampingan yang dilakukan, dapat diketahui potensi yang bisa dikembangkan dan kekurangan yang perlu diperbaiki setiap madrasah binaan. Harapannya setiap madrasah binaan dapat berkembang lebih baik ditahun-tahun berikutnya.

Lebih lanjut Endang menambahkan Pengawas  mempunyai tugas membersamai Kepala Sekolah dalam rangka peningkatan kapasitas dan mutu layanan Satuan Pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan strategi serta metode yang relevan sesuai perkembangan jaman. (EM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *