Itjen Kemenag RI Berikan Arahan Percepatan Pengurusan Sertifikasi Halal di Kemenag Sidoarjo

Click to share!

Kab. Sidoarjo (MTsN 4) – Acara Pengarahan Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI terkait percepatan pengurusan Sertifikasi Halal dilaksanakan di Aula Al-Ikhlas II Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo yang beralamatkan di Jalan Monginsidi Nomor 3 Sidoarjo.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Farid Yusron (Penyelenggara Zakat dan Wakaf), Pengelolah Kantin MIN/MTsN/MAN, Penyuluh Agama Islam Fungsional, Penyuluh Agama Islam Non-PNS, Pelaku Usaha Kantin di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Nur S Pudji Astutik mewakili Pelaku Usaha Kantin MTsN 4 Sidoarjo turut hadir dalam acara tersebut.

Rohmat Nasrudin selaku Kasubag TU hadir mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama sekaligus berkesempatan membuka kegiatan percepatan pengurusan Sertifikasi Halal secara resmi. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sangat penting kita memahami dan turut mendorong tercapainya Sertifikasi Halal makanan dan minuman sesuai dengan ketentuan syariat Islam khususnya bagi pelaku usaha kantin madrasah.

Oleh karena itu, hadir Ali dan Siti dua staf dari Itjen Kementerian Agama RI untuk memberikan arahan dalam acara tersebut. Pengarahan tersebut terbagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yang terdiri atas pelaku usaha selain dari unsur lembaga MIN, MTsN, dan MAN. Sementara Ali secara khusus mendampingi pengelola kantin madrasah yang terdiri atas beberapa lembaga dari MIN, MTsN, dan MAN Sidoarjo.

Di depan pengelola kantin madrasah, Ali memberikan pandangan serta tambahan wawasan terkait percepatan pengurusan Sertifikasi Halal. Seluruh lembaga dimohon menyampaikan atau menjelaskan sejauh mana percepatan pengurusan Sertifikasi Halal tersebut telah dilakukan. Dan masing-masing lembaga pun menyampaikan bahwa telah bergerak melakukan percepatan pengurusan Sertifikasi Halal dan tentunya masih dalam proses menunggu hasilnya.

Terakhir sebelum Ali mengakhiri kegiatan, Ia berpesan agar masing-masing lembaga MIN, MTsN, dan MAN segera membuat surat pernyataan komitmen percepatan Pengurusan Sertifikasi Halal untuk selanjutnya dikirim ke Kasubag TU.

“Kami berharap usai pertemuan ini, bapak ibu segera membuat Surat Pernyataan Komitmen Percepatan Pengurusan Sertifikasi Halal. Selanjutnya surat tersebut segera disampaikan ke Kemenag melalui Kasubag TU,” imbuhnya. (NSPA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *