Pelaksanaan Praktik Asesmen Madrasah Bersama Siswa-Siswi Kelas IX MTsN 1 Sidoarjo

Click to share!

MTsN 1 Sidoarjo Hadir Sebagai Inspirasi – Kegiatan Praktik Asesmen Madrasah Kelas IX  Tahun 2024  berlangsung selama 3 hari. Menurut Siti Takmirul Ummah selaku Waka Kurikulum, pelaksanaan tersebut sebagaimana telah terjadwal dalam agenda madrasah pada setiap akhir semester genap. Mata Pelajaran yang diujikan meliputi, PJOK, Seni Budaya, dan  Prakarya.

Adapun rangkaian pelaksanaan praktik asesmen kelas IX pada madrasah sebagai berikut:

Pada hari pertama, praktik asesmen PJOK dilaksanakan pada Senin (23/4/24), materi yang diujikan Lari dan Senam Aerobik.  Medan  yang digunakan untuk praktik Lari berada di luar  area madrasah dengan jarak tempuh  2,4 km. Sementara itu untuk praktik Senam Aerobik dilaksanakan di halaman madrasah secara berkala (Kls IX-A s/d IX-J). Tim penguji adalah Guru Mapel yang bersangkutan di bidangnya, Rokhmad Rusdiono, Oktaviana Dwi Laily Izaty, dan Fajar Teguh Budiarto.

Pada hari kedua, praktik asesmen Prakarya dilaksanakan pada Selasa (24/4/24), berlangsung di halaman utama madrasah secara bersama-sama, dimulai dari kelas IX-A sampai Kelas IX-J. Setiap kelas dibagi menjadi 6 kelompok, dengan 5 sampai 6 anggota. Materi yang diujikan adalah,”Pengolahan Bahan Pangan dari Bahan Perikanan dan Peternakan Menjadi Makanan jadi.” Dengan kriteria penilaian, hasil olahan masakan (rasa), kreatifitas  dan cara penyajian, sementara itu persiapan mengenai kelengkapan alat dan bahan juga termasuk dalam penilaian.   Tim penguji praktek adalah Guru Mapel yang bersangkutan, Yuni Setiarahayu, Effi Susanti, Mardiono, Anifaturohmaniah,  Oktaviana Dwi Laily Izaty, Fajar Teguh Budiarto, Rahmayanti, dan Aqidatul Izza.

Pada hari ketiga, Rabu (25/4/24)  saat ini sedang berlangsung praktik asesmen Mapel Seni Budaya. Materi yang diujikan terkait,”Melukis Mural,” dengan mengusung tema,” Lalu Lintas Asri.” Melukis Mural yaitu seni melukis dengan menggunakan media tembok. Bahan dasar yang digunakan kali ini adalah cat tembok. Tempat pelaksanaan praktik berada di tempat parkir guru yang berada di gedung belakang madrasah. Dengan meningkatkan daya seni dan imajinasi siswa kelas IX-A – IX-J, hasil lukisan tersebut diharapkan dapat menjadi media yang  menyiratkan sebuah pesan bagi penikmatnya.

Sangat disayangkan sampai siang hari ini hasil lukisan belum bisa dinikmati secara utuh, hal tersebut terhalang dengan adanya cuaca yang tidak mendukung dan hujan seharian, sehingga praktik asesmen mapel Seni Budaya waktunya diperpanjang hingga esok hari. (vie’)

#KementerianSemuaAgama

One thought on “Pelaksanaan Praktik Asesmen Madrasah Bersama Siswa-Siswi Kelas IX MTsN 1 Sidoarjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *